Sebuah perusahaan manufaktur yang berkecimpung dalam
consumer good, secara umum memiliki
kompleksitas lingkup bisnis yang sama yang harus dihadapi. Sebagai perusahaan manufaktur,
mereka harus mengkomunikasikan value dari
produk yang mereka produksi dan pasarkan baik kepada consumer maupun kepada shopper.
Pengkomunikasian ini dapat berjalan baik secara satu arah maupun dua arah, one to many atau many to many. Hal ini tergantung dari media komunikasi yang
digunakan dan dipilih oleh perusahaan manufaktur tersebut. Ini merupakan
lingkup kerja dan tanggung jawab dari consumer
marketing (akan kita bahas di lain kesempatan). Selain itu, perusahaan
manufaktur juga harus dapat mengerahkan resources
terbaiknya untuk bernegosiasi dan mendeliver
produk mereka sebanyak mungkin ke retailer
atau customer baik di traditional market maupun modern market.
Saat ini, sudah begitu banyak customer di modern market
channels yang memiliki beragam profil berikut kebijakannya. Sebagai contoh,
kebijakan dalam product assortment nya.
Di account HERO, mereka akan meminta
kategori produk kita yang lengkap, tetapi dari tiap – tiap kategori tersebut,
mereka akan memilih SKU (stock keeping
unit) tertentu. Kemudian di CARREFOUR, mereka akan meminta kategori produk
yang lengkap berikut varian yang lengkap pula. Sementara di MATAHARI akan
berbeda kebijakan tiap – tiap tokonya, tergantung cluster toko tersebut. Di dua minimarket “bersaudara” INDOMARET dan
ALFAMART, mereka akan meminta range kategori
produk yang lengkap, tetapi hanya SKU terpilih, khususnya yang fast moving. Lain halnya di MAKRO, yang
sekarang bertransformasi menjadi LOTTEMART, mereka akan meminta kategori produk
lengkap, range varian lengkap, dan
fokus kepada produk yang fast moving.
Lebih lanjut, baik consumer maupun shopper
pun memiliki profil yang heterogen pula. Sehingga, untuk “memenangkan
peperangan” di point of purchase tidak
cukup hanya dengan mengandalkan Consumer
Marketing Mix (4 P), diperlukan juga implementasi Trade Marketing yang baik. Dengan kata lain, kunci sukses dalam
meningkatkan penjualan di channels adalah
dengan mengintegrasikan brand strategy dan
channel strategy di POP (point of purchase).
Integrasi brand – channel dapat dimulai dari perumusan
4 P (brand strategy), marketing mix, produk yang merupakan consumer value, harga yang merupakan cost to consumer, promosi yang merupakan
consumer communication dan place yang dikondisikan agar convenience to consumer. P yang
terakhir, place, menjadi dasar
pengembangan 4 P’s channel strategy
yang meliputi presence (distribusi
dan pemilihan produk berkualitas), placement
(merchandising yang berorientasi
ke perspektif consumer maupun shopper), price (eksekusi trade atau
consumer pricing), dan promotion (BTL activity atau promosi yang berorientasi pada shopper saat di store).
Dari
uraian diatas, dapat digarisbawahi bahwa trade
marketing memiliki dua cakupan kerja yang penting, yaitu customer/channel management dan POP management. Channel management yang memiliki goals STC (short term contract) meliputi:
- Outbond service level
- Negosiasi Customer (trading term; target sales; category plan)
- Customer Development
- Trade Promotion (Rebate; Incentive; dan aktivitas lain yang terkait)
Cakupan kerja yang
lain yaitu POP management bertujuan
untuk memaksimalkan penjualan jangka pendek di channel tersebut, yang meliputi category
management (untuk memaksimalkan akses shopper
di channel tersebut, 4 P’s trade marketing) dan field marketing management. Sehingga,
untuk menjadi seorang trade marketing yang
handal, seseorang harus menguasai beberapa disiplin ilmu dan aspek, yaitu
sebagai berikut:
- Marketing strategy
- Channel Management
- Category Management
- Space management
- Customer Profile, data, & analysis
- Customer Management
- Shopper Profile, data & analysis
- Trade Strategy
- Trade/Shopper research
- Market intelligent
- Trade Investment Management
- Field Marketing Management
Coin Casino Review (2021) - Casino Ow
ReplyDeleteRead our Review septcasino of Coin Casino » Up to €$1600 and grab exclusive bonus ✓100 인카지노 free spins ✓Deposit/Withdraw winnings instantly. 카지노사이트
Best Casino in Washington - MapYRO
ReplyDeleteWelcome to Washington 광주광역 출장안마 Casino and Hotel. Discover Las Vegas casinos, 안성 출장안마 the best casino in town, delicious dining, exciting entertainment 광양 출장안마 and more. Search for 안산 출장마사지 the nearest 성남 출장마사지