Tuesday, November 12, 2013

Restrukturisasi Organisasi dan Budaya Kerja PDAM Kota Surabaya (Part Two)



Dalam bahasan sebelumnya, sudah dijelaskan perihal proses pemetaan budaya existing dan expecting. Kali ini, kita akan mengulas tentang terminologi program tersebut, kemudian tujuan atau objectives yang ingin dicapai, dan dilanjutkan mengenai tahapan – tahapan dalam program / projek tersebut. Ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai Program Restrukturisasi Organisasi dan Budaya Kerja PDAM Kota Surabaya.
Bakker, 2003, memberikan definisi mengenai restrukturisasi sebagai berikut:
Restructuring refers to changes in “soft” management systems, or to the organizational and institutional dimensions of management systems. In simple terms, restructuring results in changes in who does what”.
Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa restrukturisasi pada umumnya melibatkan perubahan dalam aspek operasional dan organisasi perusahaan tersebut yang meliputi (1) Kepemilikan; (2) Struktur organisasi; (3) Prosedur manajemen operasi; (4) Skala pengoperasian; (5) Alokasi tanggung jawab pengambilan keputusan; (6) Keterlibatan stakeholders; (7) Regulasi; (8) Akuntabilitas dan mekanisme.
Terdapat pendapat yang serupa dari Edratna, 2008, yang menjelaskan bahwa restrukturisasi perusahaan merupakan penyusunan ulang komposisi manajemen, struktur organisasi, pembagian kerja, sistem operasional, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan masalah manajerial dan organisasi. Dia juga menambahkan bahwa restrukturisasi bertujuan untuk memperbaiki dan memaksimalisasi kinerja perusahaan. Perusahaan melakukan pembenahan supaya segera lepas dari krisis melalui berbagai aspek. Perbaikan-perbaikan tersebut menyangkut berbagai aspek perusahaan, mulai dari perbaikan portofolio perusahaan, perbaikan permodalan, perampingan manajemen, perbaikan sistem pengelolaan perusahaan, sampai perbaikan sumber daya manusia. Dengan demikian, restrukturisasi perusahaan merupakan kepentingan semua pihak. Bukan saja pihak manajemen, namun juga merupakan kepentingan komisaris yang mewakili kepentingan pemegang saham. Restrukturisasi juga merupakan kepentingan karyawan secara keseluruhan karena tindakan restrukturisasi akan berdampak pada semua karyawan.

Jika dikomparasi dengan pengalaman penulis maka berikut saya sajikan materi presentasi yang kami, Tim Konsultan PT. Metro Pillars Consulting, sosialisasikan kepada direksi, manajemen dan perwakilan karyawan PDAM Kota Surabaya,





















Selanjutnya, Program Restrukturisasi Organisasi dan Budaya Kerja PDAM Kota Surabaya ini dilaksanakan dalam dua tahapan besar, yaitu Tahap Perancangan Sistem Pemberdayaan Modal Organisasi, Pemberdayaan Modal Insani dan Sistem Kelola Informasi, dan tahap kedua adalah Tahap Sosialisasi, Implementasi dan Pendampingan. Berikut detil tahapan tersebut:
  1. Perancangan Sistem Pemberdayaan Modal Organisasi, Pemberdayaan Modal Insani dan Sistem Kelola Informasi
    1. Pra Project
                                                              i.      Formulasi Komitmen Stakeholder
                                                            ii.      Pembentukan Tim Teknis Pdam Dan Sosialisasi
    1. Strategic Direction & Control
                                                              i.      Organizational Assessment
                                                            ii.      Gap Analysis
                                                          iii.      Consolidation Meeting
    1. Organizational Design
                                                              i.      Identifikasi Peran, Tanggungjawab & Akuntabilitas Jabatan
                                                            ii.      Pengembangan Struktur Organisasi
                                                          iii.      Pengembangan Sop Pengembangan Organisasi
    1. Job Analysis
                                                              i.      Review Internal & Pengumpulan Data Tambahan
                                                            ii.      Menyusun Deskripsi & Spesifikasi Jabatan
                                                          iii.      Job Description & Specification
    1. Job Evaluation
                                                              i.      Evaluasi Jabatan
                                                            ii.      Penyusunan Matrix Grading Jabatan
    1. Compensation & Benefit
                                                              i.      Penyusunan Struktur Gaji
                                                            ii.      Penyusunan Sistem Benefit
                                                          iii.      Penyusunan Grading-Gaji Karyawan
                                                          iv.      Penyusunan Rencana Pembenahan Penggajian
                                                            v.      Pengembangan SOP Compensation & Benefit
    1. Employee Life Cycle Management
                                                              i.      People Assessment
                                                            ii.      Pengembangan Sop Rekrutmen/Seleksi
                                                          iii.      Pengembangan Sop Penilaian Kinerja
                                                          iv.      Pengembangan Sop Pengembangan Karir
                                                            v.      Pengembangan Sop Diklat & Pengembangan Karyawan
    1. Industrial Relation Management System
                                                              i.      Review PP/PKB
                                                            ii.      Pengembangan Sistem Komunikasi Hubungan Industrial
                                                          iii.      Pengembangan Sop Penyelesaian Hubungan Industrial
                                                          iv.      Pengembangan PP/PKB
    1. Sistem Kelola Informasi
                                                              i.      Personnel Information System
                                                            ii.      Organization Development System
                                                          iii.      Compensation & Benefit System
    1. Restrukturisasi Budaya
                                                              i.      Pengembangan Code Of Conduct
                                                            ii.      Pengembangan Code Of Ethic
    II.            Sosialisasi, Implementasi dan Pendampingan
1.      Sosialisasi & Implementasi
                                                              i.      Pendampingan Pembentukan Perangkat HI & Tim Agen Perubahan
                                                            ii.      Penetapan Perangkat HI
                                                          iii.      Sosialisasi Perubahan
                                                          iv.      Progress Review Hasil Sosialisasi
                                                            v.      Relokasi Manpower
    1. Pendampingan Implementasi Sistem Kelola Organisasi& SDM
                                                              i.      Workshop
                                                            ii.      Pendampingan Implementasi
    1. Pendampingan Implementasi Sistem Kelola Informasi
                                                              i.      Workshop
                                                            ii.      Pendampingan Implementasi
    1. Monitoring, Evaluasi & Perbaikan Sistem
  (ARD)  


Referensi

Bakker, Karen. 2003. Good Governance in Restructuring Water Supply: A Handbook. Federation of Canadian Municipalties. http://www.iatp.org/documents/good-governance-in-restructuring-water-supply-a-handbook-0, diakses 1 November 2013

Edratna. 2008. Restrukturisasi Perusahaan, Penting Dilakukan Dalam Keadaan Ekonomi Apapun. http://edratna.wordpress.com/2008/11/10/restrukturisasi-perusahaan-penting-dilakukan-dalam-keadaan-ekonomi-apapun/, diakses 1 November 2013

Dahwan, Ibnu. 2009. Restrukturisasi Organisasi Atau Budaya Restrukturisasi. http://ibnudblog.blogspot.com/2009/02/restrukturisasi-organisasi-atau-budaya.html?q=restrukturisasi+organisasi, diakses 1 November 2013

Pengalaman penulis
 

No comments:

Post a Comment