Dalam bahasan sebelumnya, sudah dijelaskan perihal proses
pemetaan budaya existing dan expecting. Kali ini, kita akan mengulas
tentang terminologi program tersebut, kemudian tujuan atau objectives yang ingin dicapai, dan dilanjutkan mengenai tahapan –
tahapan dalam program / projek tersebut. Ini dimaksudkan untuk memberikan
gambaran secara menyeluruh mengenai Program Restrukturisasi Organisasi dan
Budaya Kerja PDAM Kota Surabaya.
Bakker, 2003, memberikan definisi
mengenai restrukturisasi sebagai berikut:
“Restructuring refers to changes in “soft” management systems, or to the organizational and
institutional dimensions of management systems. In simple terms, restructuring results in changes in who does what”.
Lebih lanjut, dia menambahkan bahwa restrukturisasi pada umumnya melibatkan
perubahan dalam aspek operasional dan organisasi perusahaan tersebut yang
meliputi (1) Kepemilikan; (2) Struktur organisasi; (3) Prosedur manajemen operasi;
(4) Skala pengoperasian; (5) Alokasi tanggung jawab pengambilan keputusan; (6) Keterlibatan
stakeholders; (7) Regulasi; (8) Akuntabilitas
dan mekanisme.
Terdapat pendapat yang serupa dari Edratna, 2008, yang
menjelaskan bahwa restrukturisasi perusahaan
merupakan penyusunan ulang komposisi manajemen, struktur organisasi, pembagian
kerja, sistem operasional, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan masalah manajerial dan organisasi. Dia juga menambahkan bahwa restrukturisasi bertujuan
untuk memperbaiki dan memaksimalisasi kinerja perusahaan. Perusahaan melakukan
pembenahan supaya segera lepas dari krisis melalui berbagai aspek.
Perbaikan-perbaikan tersebut menyangkut berbagai aspek perusahaan, mulai dari
perbaikan portofolio perusahaan, perbaikan permodalan, perampingan manajemen,
perbaikan sistem pengelolaan perusahaan, sampai perbaikan sumber daya manusia.
Dengan demikian, restrukturisasi perusahaan merupakan kepentingan semua pihak.
Bukan saja pihak manajemen, namun juga merupakan kepentingan komisaris yang
mewakili kepentingan pemegang saham. Restrukturisasi juga merupakan kepentingan
karyawan secara keseluruhan karena tindakan restrukturisasi akan berdampak pada
semua karyawan.
Jika dikomparasi dengan pengalaman penulis maka
berikut saya sajikan materi presentasi yang kami, Tim Konsultan PT. Metro
Pillars Consulting, sosialisasikan kepada direksi, manajemen dan perwakilan
karyawan PDAM Kota Surabaya,
Selanjutnya, Program Restrukturisasi Organisasi dan
Budaya Kerja PDAM Kota Surabaya ini dilaksanakan dalam dua tahapan besar, yaitu
Tahap Perancangan Sistem Pemberdayaan Modal Organisasi, Pemberdayaan Modal
Insani dan Sistem Kelola Informasi, dan tahap kedua adalah Tahap Sosialisasi,
Implementasi dan Pendampingan. Berikut detil tahapan tersebut:
- Perancangan Sistem Pemberdayaan Modal Organisasi, Pemberdayaan Modal Insani dan Sistem Kelola Informasi
- Pra Project
i.
Formulasi Komitmen Stakeholder
ii.
Pembentukan Tim Teknis Pdam Dan Sosialisasi
- Strategic Direction & Control
i.
Organizational Assessment
ii.
Gap Analysis
iii.
Consolidation Meeting
- Organizational Design
i.
Identifikasi Peran, Tanggungjawab &
Akuntabilitas Jabatan
ii.
Pengembangan Struktur Organisasi
iii.
Pengembangan Sop Pengembangan Organisasi
- Job Analysis
i.
Review Internal & Pengumpulan Data Tambahan
ii.
Menyusun Deskripsi & Spesifikasi Jabatan
iii.
Job Description & Specification
- Job Evaluation
i.
Evaluasi Jabatan
ii.
Penyusunan Matrix Grading Jabatan
- Compensation & Benefit
i.
Penyusunan Struktur Gaji
ii.
Penyusunan Sistem Benefit
iii.
Penyusunan Grading-Gaji Karyawan
iv.
Penyusunan Rencana Pembenahan Penggajian
v.
Pengembangan SOP Compensation & Benefit
- Employee Life Cycle Management
i.
People Assessment
ii.
Pengembangan Sop Rekrutmen/Seleksi
iii.
Pengembangan Sop Penilaian Kinerja
iv.
Pengembangan Sop Pengembangan Karir
v.
Pengembangan Sop Diklat & Pengembangan Karyawan
- Industrial Relation Management System
i.
Review PP/PKB
ii.
Pengembangan Sistem Komunikasi Hubungan Industrial
iii.
Pengembangan Sop Penyelesaian Hubungan Industrial
iv.
Pengembangan PP/PKB
- Sistem Kelola Informasi
i.
Personnel Information System
ii.
Organization Development System
iii.
Compensation & Benefit System
- Restrukturisasi Budaya
i.
Pengembangan Code Of Conduct
ii.
Pengembangan Code Of Ethic
II.
Sosialisasi, Implementasi dan Pendampingan
1.
Sosialisasi & Implementasi
i.
Pendampingan Pembentukan Perangkat HI & Tim Agen Perubahan
ii.
Penetapan Perangkat HI
iii.
Sosialisasi Perubahan
iv.
Progress Review Hasil Sosialisasi
v.
Relokasi Manpower
- Pendampingan Implementasi Sistem Kelola Organisasi& SDM
i.
Workshop
ii.
Pendampingan Implementasi
- Pendampingan Implementasi Sistem Kelola Informasi
i.
Workshop
ii.
Pendampingan Implementasi
- Monitoring, Evaluasi & Perbaikan Sistem
(ARD)
Referensi
Bakker,
Karen. 2003. Good
Governance in Restructuring Water Supply: A Handbook. Federation of Canadian Municipalties. http://www.iatp.org/documents/good-governance-in-restructuring-water-supply-a-handbook-0,
diakses 1 November 2013
Edratna. 2008. Restrukturisasi Perusahaan, Penting Dilakukan Dalam Keadaan
Ekonomi Apapun. http://edratna.wordpress.com/2008/11/10/restrukturisasi-perusahaan-penting-dilakukan-dalam-keadaan-ekonomi-apapun/,
diakses 1 November 2013
Dahwan, Ibnu. 2009. Restrukturisasi
Organisasi Atau Budaya Restrukturisasi. http://ibnudblog.blogspot.com/2009/02/restrukturisasi-organisasi-atau-budaya.html?q=restrukturisasi+organisasi,
diakses 1 November 2013
No comments:
Post a Comment